Senin, 13 Agustus 2012

Akhiran Nama Dalam Bahasa Jepang

Kerap kali setiap kita menonton anime kita menemukan beberapa panggilan yang berakhiran seperti -san, -kun, dan sebagainya, nah itu dimaksudkan agar seseorang dapat menghormati sesamanya.
Nah apakah kita bisa memanggil nama orang tapi nggak usah pake akhiran kayak gitu buat orang jepang? Bisa kok, tapi orang yang kita panggil tingkatannya harus sebaya atau akrab sama kita. Nah berikut adalah akhiran nama yang umum digunakan di Jepang:



1. ~SAN
Akhiran ini umum digunakan. Bisa ditujukan kepada laki-laki/perempuan. Saat menyebut nama orang lain kemudian diakhiri dengan ~san berarti yang memanggil menghormati orang yang dipanggil. Ini juga menunjukkan bahwa kedua orang tersebut masih belum akrab/masih menjaga jarak.

~SAN tidak hanya mengakhiri nama seseorang, bisa juga mengakhiri tempat bekerja/perusahaan/pekerjaan orang yang dipanggil. Contoh: Honya-san (penjaga/pemilik toko buku), Kurumaya-san (tukang becak (yang ditarik oleh orang))

2. ~KUN
Biasanya ditujukan kepada anak kecil/remaja laki-laki yang lebih junior/muda dari yang memanggil. Sering juga digunakan oleh wanita kepada laki-laki dewasa yang mempunyai kedekatan emosi (biasanya pasangan) atau sudah mengenal lama/akrab.

Walaupun umumnya ~kun ditujukan kepada laki-laki, namun bukan hal yang mutlak. Bisa juga ditujukan kepada wanita jika sudah akrab, mempunyai hubungan keluarga dekat, atau junior di sekolah/perusahaan. Dengan panggilan ~KUN wanita akan terkesan tomboy.

3. ~CHAN
Digunakan kepada anak kecil/remaja wanita yang lebih junior/muda dari yang memanggil. Panggilan ini sering juga disandingkan dengan nama artis idola (laki-laki/perempuan) dengan maksud akrab/kasih sayang.

Umumnya nuansa yang didapat adalah nuansa manja.

4. ~SAMA
Adalah panggilan kehormatan. Biasanya nama yang disandingkan dengan ~SAMA adalah orang yang sangat kita hormati. Bisa kepada orang yang tingkatan jabatan/sosialnya jauh diatas kita, atau kepada orang yang sangat berjasa pada kehidupan kita.

5. ~DONO/TONO
Termasuk panggilan kehormatan. Bisa diartikan “Tuan”. Panggilan ini jarang digunakan dalam keseharian.

6. ~SENPAI/KOUHAI
SENPAI adalah senior sedangkan KOUHAI adalah junior. Ucapan ini sering digunakan untuk memanggil senior/juniordi sekolah, kantor, tempat berlatih bela diri (doujo), dsb.

7. ~SENSEI
Ucapan ini juga merupakan panggilan kehormatan. Umum digunakan saat memanggil nama guru namun tidak terbatas pada itu saja. Panggilan SENSEI juga digunakan untuk profesi-profesi lain yang mempunyai keahlian khusus seperti; dokter, hakim, pengacara, dan lain sebagainya.

Pemakaian kata ganti di atas harus lihat situasi dan kondisi. Perhatikan lawan bicara, berkata tuturlah yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar